Buscar

Páginas

TUGAS REMEDIAL UNTUK KELAS XI IPS 1 DAN XI IPS 2 SMAN 11 TANGERANG

BACALAH ARTIKEL BERIKUT DENGANSEKSAMA!

AKULTURASI CINA BENTENG, WAJAH LAIN INDONESIA
Tidak seperti Cina peranakan pada umumnya, Ong Gian (47) berkulit gelap. Matanya pun tidak sipit. Sehari-hari ia bekerja sebagai petani di Neglasari, Tangerang. Selain itu, ia juga awak kelompok kesenian gambang kromong yang sering tampil di acara-acara hajatan perkawinan. Nenek moyangnya adalah Cinan Hokkian yang dating ke Tangerang dann tinggal turun temurun di kawasan Pasar Lama. Mereka masuk dengan perahu  melalui Sungai Cisadane sejak lebih 300 tahun silam.
Cina Benteng memang sering diidentifikasikan dengan stereotip orang Cina berkulit hitam atau gelap, jagoan bela diri dan hidupnya pas-pasan atau malah miskin. Samapi sekarang ternyata mereka juga tetap miskin, walaupun sudah jarang yang jago bela diri. Meskipun ada beberpa yang sudh berhasil sebagai pedagang, sebagian besar Cina Benteng hidup sebgai petani, peternak, nelayan, bahkan juga pengayuh becak.
Mengenai asal usul kata Cina Benteng, menurut sinolog dari Universitas Indonesia, Eddy Prabowo Witanto MA, tidak terlepas dari kehadiran Benteng Makassar. Benteng yang dibangun pada jaman colonial Belanda itu sekarang sudah rata dengan tanah terletak ditepi sungan Cisadane, du pusat kota Tangerang. Pada saat itu, kata Eddy, banyak orang Cina Tangerang yang kurang mampu tinggal diluar Benteng Makasar. Mereka terkonsentrasi didaerah sebelah Utara, yaitu di Sewan dan Kampung Melayu. Mereka berdiam disana sejak tahun 1700-an. Dari sanalah muncul istilah Cina Benteng.
Tahun 1740, terjadi pemberontakan orang Cinamenyusul keputusan Gubernur JenderalValkenier untuk menangkapi orang-orang Cina yang dicurigai. Mereka akan dikirim ke Srilanka untuk dipekerjakan di perkebunan-perkebunan milik VOC.
Pemberontakan itu dibalas serangan serdadu kompeni ke perkampungan-perkampungan  Cina di Batavia (Jakarta). Sedikitnya 10.000 orang tewas dan sejak saat itu banyak orang Cina mengungsi untuk mencari tempat baru di daerah Tangerang, seperti Mauk, Serpong, Cisoka, Legok dan bahkan sampai Parung didaerah Bogor. Itulah sebabnya banyak orang Cina yang tinggal dipedesaan, di pelosok Tangerang, diluar pecinan, di Pasar lama dan Pasar Baru.
Dalam penelitiannya, sarjana Seni Rupa  dan DesainITB jurusan Desain Komunikasi Visual, Y. Sherly Marriane, kehidupan masyarakat Cina Benteng             memang keras agar bisa bertahan hidup. Hal ini karena karena sebagian besar pekerjaan mereka bukan dalam bidang ekonomi, tapi sebagai petani di pedesaan. Hal yang unik dari masyarakat Cina Benteng adalah mereka sudah berakulturasi dan beradaptasi dengan lingkungan dan kebudayaan local. Dalam percakapan sehari-hari, mereka juga sudah tidak dapat lagi berbahasa Cina. Logat mereka bahkan sudah sangat Sunda pinggiran bercampur Betawi.
di bidang kesenian, mereka memainkan music gambang kromong yang selalu dimainkan dalam pesta-pesta perkawinan, umumnya diwarnai tari cokek yang sebenarnya merupakan budaya tayub masyarakat sunda pesisir seperti Indramayu.
Meskipun demikian, masyarakat Cina Benteng masih mempertahankan dan masih melestarikan adat istiadat nenek moyang mereka yang sudah ratusan tahun. Ini terllihat pada tata cara upacara perkawinan dan kematian. Salah satunya tampak pada keberadaan “meja abu” di setiap rumah orang Cina Benteng. Beberapa tradisi leluhur yang masih dipertahankan antara lain Cap Go Meh (perayaan 15 hari setelah imlek), Pek Cun, Tiong Ciu Pia (kue bulan), dan Pek Gwee Cap Go (hari kesempurnaan).
Hal lain yang khas dari masyarakat Cina Benteng adalah pakaian pengantin yang merupakan campuran budaya Cina dan Betawi. Pakaian pengantin laki-laki, kata Eddy, merupakan pakaian kebesaran Dinasti Ching, seperti terlihat dari topinya, sedangkan pakaian pengantin perempuan hasil akulturasi Cina-Betawi yang tampak pada kembang goyang. (sumber: Kompas.com)

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BAIK!

  •  Stereotip apasaja yang dilekatkan oleh masyarakat kepada orang-orang Cina Benteng?
  •  menurutmu, apakah akulturasi Cina Benteng dapat menyebabkan hilangnya kebudayaan  masyarakat  setempat?   
  •  Menurutmu,mengapa masyarakat Cina Benteng melakukan akulturasi dengan kebudayaan asli Indonesia seperti Betawi dan Sunda?
  • Sebutkan bentuk-bentuk akulturasi yang terdapat dalam masyarakat atau kebudayaan di Indonesia
  • Bagaimana tanggapan kalian berdasarkan pengetahuan yang kalian miliki tentang proses akulturasi dan dinamika social yang terjadi pada masyarakat Cina Benteng di Tangerang?
1.      
 
UNITED INDONESIA

Sukses Menchester United mencapai puncak prestasi di berbagai ajang kompetisi, menjadikan klub berjuluk The Red Devils ini semakinn digemari. Asia Teggara, khusunya Indonesia, merupakan Negara yang memiliki banyak penggemar Menchester United. Hal ini terbukti dengan banyaknya penggemar sepak bola yang memakai atribut-atribut Menchester United.
United Indoonesia yang dibentuk pada 20 agustus 2006, tumbuh menjadi sebuah wadah untuk berkumpulnya para pecinta Menchester United di Indonesia untuk saling berkomunikasi, berbagi informasi, dan mengekspresikan rasa cinta kepada Menchester United. Sejak didirikan, United Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesatdan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah anggota  yang terus meningkat. Peningktan jumlah anggota ini tentu saja diikuti dengan peningkatan kualitas United Indonesia.
United Indonesia telah berkembang menjadi komunitas utama penggemar Menchester United, khususnya di Indonesia. United Indonesia akan selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan-kegiatanagar tali silaturahmi antaranggota tetap terjaga.
JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI!
  •   Berdasarkan jenis-jenis kelompok social yang kalian telah pelajari, menurutmu United Indonesia termasuk kedalam jenis kelompok apa? Jelaskan!
  • Menurutmu, kegiatan-kegiatan apasaja yang biasa dilakukan oleh para anggota fans club sepak bola seperti United Indonesia pada artikel diatas?
  •   Menurutmu, apakah anggota-anggota dari United Indonesia berpotensi atau memiliki kecenderungan untuk membentuk kelompok informal dalam wadah United Indonesia tersebut? Jelaskan!
  •  
    PETUNJUK:
    1. SELURUH JAWABAN YANG BERMUATAN OPINI HARUS SESUAI DENGAN PEMIKIRAN KALIAN.
    JAWABAN DARI KEDUA ARTIKEL DIATAS DIPOSTING DALAM KOMENTAR YANG TERSEDIA DALAM BOKS KOMENTAR YANG TERSEDIA,  DISERTAI DENGAN NAMA JELAS DAN KELAS.
    3.   KOMENTAR HARUS SEGERA DIPOSTING PALING LAMBAT TANGGAL 13 JUNI 2012.






3 komentar:

wahidalatifa

Wahida Latifa Sari - Kelas XI IPS 2

I

1. Masyarakat menganggap warga cina benteng sebagai pekerja keras, dan tidak terlihat selayaknya warga etnis cina pada umumnya memiliki kulit putih dan beramata sipit
2. Tidak, akan tetapi akan melahirkan kebudayaan baru tanpa menghilangkan kebudayaan aslinya
3. Karen terpengaruh oleh budaya lain yang selama ratusan tahun mendiami suatu tempat yang memiliki kebudayaan yang kuat
4. Bahasa, Organisasi sosial, kesenian, Kepercayaan
5. Proses akulturasi menghasilkan kebudayaan baru sehingga memperkaya kebudayaan di Indonesia, dan harus dilestarikan dengan baik

II

1. Kelompok sosial secondary group
2. Menonton pertandingan Manchester united bersama anggota lain, mengadakan acara bakti sosial
3. Ya, biasanya tiap daerah yang berbeda-beda akan bergabung dengan orang yang 1 daerah atau yang dikenalnya

Anonim

Yogi Afriyanto (XI IPS 2)
BAGIAN 1
1. banyaknya masyarakat yang menganggap warga cina benteng itu sebagai pekerja keras seperti petani, peternak,nelayan, bahkan juga pengayuh becak saja dan tidak terlihat seperti warga etnis cina yg pada umumnya memiliki kulit putih dan bermata sipit.
2. tidak, akan tetapi dgn adanya akulturasi cina benteng dapat mendatangkan kebudayaan baru, seperti pakaian pengantin yg merupakan campuran budaya cina dan betawi.
3. karna masyarakat cina benteng yg kurang mampu untuk tinggal diluar benteng makasar, maka mereka terkonsentrasi di daerah sebelah utara, yaitu disewan dan kampung melayu, dan terpengaruh oleh budaya lain yg selama ratusan tahun mendiami suatu tempat yg memiliki kebudayaan yg berbeda.
4. bahasa,organisasi sosial, kesenian,kepercayaan
5. munculnya akulturasi yg menghasilkan kebudayaan yg baru dan itu harus dilestarikan atau dikembangkan dengan sebaik baiknya.

BAGIAN 2
1. Kelompok sosial secondary group
2. Kegiatan kegiatan seperti saling berbagi informasi dan mengekspresikan rasa cintanya kepada Manchester United, dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas agar tali silaturahmi antar anggotanya tetap terjaga.
3. Ya, terkadang dari daerah daerah yang lain akan bergabung dengan kelompok yang 1 daerah atau dengan kelompok yang lainnya

Unknown

Dandi Wijaya (XI IPS 2)
Bagian 1
1. Banyak masyarakat yang menganggap warga cina benteng itu sebagai pekerja keras tetapi mereka tidak seperti warga etnis cina yang pada umumnya memiliki kulit putih dan bermata sipit.
2. Tidak, akan tetapi dengan adanya akulturasi warga cina benteng dapat mendatangkan kebudayaan yang baru
3. Karena masyarakat cina benteng telah beradaptasi dengan kebudayaan yang ada di sekitar mereka dan kebudayaan itu sangat kuat
4. Bahasa, Organisasi sosial, kesenian, Kepercayaan
5. Munculnya akulturasi menghasilkan kebudayaan yang baru sehingga memperkaya kebudayaan yang ada di indonesia dan itu harus di kembangkan dengan sebaik-baiknya

Bagian 2
1. Kelompok sosial secondary group
2. Menonton pertandingan Manchester united bersama anggota lain dan saling berbagi informasi dengan sesama kelompok
3. Ya, terkadang dari daerah-daerah yang lain akan bergabung dengan kelompok yang ada di 1 daerah dan daerah itu menjadi pusat dari kelompok tersebut

Posting Komentar